Busoe Kembangkan Silat Tradisional

Posted on


Ini kutipan berita dari Serambi INDONESIA :

Kamis, 31 Mei 2012 10:09 WIB

LHOKSEUMAWE – Lembaga pendidikan silat Bersatu Silet Nanggroe (Busoe) Lhokseumawe mulai mengembangkan pencak silat tradisional kepada kalangan pelajar dan juga masyarakat umum. Tujuannya adalah untuk melestarikan pencak silat tradisional sehingga nanti bisa berkembang di Aceh. Di antaranya adalah seni bela diri pencak silat pernapasan tenaga dalam siwah.

“Silat pernafasan tenaga dalam ini dapat mencegah kesurupan bagi pelajar dan siswa seperti yang terjadi di sejumlah sekolah selama ini. Kami telah membuktikannya di SMAN 7 Lhokseumawe dan SMP di Batuphat Kecamatan Muara Batu Lhokseumawe sehingga sampai sekarang di sekolah itu tak pernah terjadi lagi kesurupan,” kata Ketua Umum Busoe Taufik Akbar kepada Serambi kemarin.

Menurutnya, sekarang jumlah siswa yang sedang mengikuti latihan pencak silat tradisional tersebut mencapai 100 orang. Tak hanya itu para pejabat di pemko Lhokseumawe juga sudah bergabung untuk mengikuti latihan silat tradsional. “Awalnya mereka tak percaya, tapi setelah mereka melihat langsung kini sudah banyak pejabat di pemko yang sudah ikut latihan tersebut,”katanya.

Disebutkan, manfaat lain dari silat pernafasan tenaga dalam tersebut juga dapat menjaga kesehatan. Karena yang diajarkan dalam silat tersebut selain keperkasaan alamiah juga silat mental spiritual tenaga dalam. “Dalam waktu dekat kami akan mengadakan pertemuan dengan para ulama dan juga para kepala sekolah untuk membahas pencegahan kesurupan yang selama ini terjadi di sejumlah di Lhokseumawe,” kata pria yang akrap disapa Abu Siwah ini.(c37)

Editor : bakri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s