JURUS

Posted on Updated on


Sudah cukup lama saya tidak berbicara tentang TEKNIK, kali ini saya akan membahas salah satu teknik terpenting dalam silat, yaitu JURUS.

Secara garis besar, silat (atau sering juga disebut sebagai pencak silat) terbagi dalam dua kategori besar, yaitu KAEDAH dan FILOSOFI. Kaedah berhubungan langsung dengan teknik dan tata gerak, dalam hal ini adalah KAEDAH GERAK DAN KAEDAH RASA. Sedangkan Filosofi berkaitan dengan sikap dan perilaku dalam memaknai pencak silat.

Kaedah gerak terdiri dari Jurus dan aplikasi dan ditulisan kali ini saya batasi pembahasan hanya pada JURUS.

Jurus bisa berupa rangkaian gerak, bisa juga hanya berupa pengulangan 1 atau 2 gerakan. Jurus adalah hal yang paling penting dikuasai bila seseorang ingin menguasai dan memahami pencak silat, karena :

  1. Sebagai pondasi untuk pemguasaan teknik dan aplikasi, sebagaimana sebuah bangunan akan kokoh bila pondasi nya terbangun dengan kokoh;
  2. Dalam jurus terkandung semua gerakan, antara lain : pola langkah, juga gerakan tangan dan kaki dalam menyerang dan bertahan
  3. Jurus membentuk sikap tubuh, membentuk dasar pola gerak, kaedah gerak, dan teknik gerak. Menguasai jurus dengan bagus akan memudahkan pembelajaran teknik aplikasi. Misal nya dalam jurus ada gerakan pukulan lurus yang dilatih terus menerus, hasil yang didapat dengan menguasai jurus ini adalah teknik pukulan yang maksimal baik dalam hasil maupun efek nya. Contoh lain adalah, pola langkah dalam jurus yang dikuasai dengan sempurna akan membentuk gerakan kaki yang sempurna baik ketika maju menyerang maupun mundur/nyerong untuk menghindar. Dalam hal jurus merupakan sebuah rangkaian gerak, maka penguasaannya yang sempurna akan menghasilkan gerakan yang lincah, cepat dan luwes dalam aplikasi.
  4. Jurus adalah CIRI KHAS suatu aliran atau perguruan pencak silat. Jurus lah yang membedakan satu aliran/perguruan dengan yang lainnya. Saya yakin (paling tidak sampai saat ini) bahwa tidak ada satu jurus pun yang 100% persis antara dua aliran yang berbeda. Sehingga seseorang yang hanya memperagakan sebuah jurus dapat diterka dari aliran mana pencak silat yang diperagakannya.
  5. Oleh karena itu, berhubungan dengan nomor 4 di atas, apabila kita ingin melestarikan pencak silat, menguasai jurus adalah syarat mutlak. Bila jurus tidak dikuasai dengan benar dan sempurna, maka seiring berjalan nya waktu, ciri khas sebuah aliran akan tereduksi, dan saya mengkhawatirkan Pencak silat akan makin kehilangan jati diri dan ciri khas nya, 2 atau 3 generasi ke depan.

Sekian

Wassalam

3 thoughts on “JURUS

    Dogol said:
    July 22, 2012 at 11:48 pm

    saya setuju dengan uraian Bang Orchid, semoga saya bisa memaanfaatkan apa yg diuraikan oleh Bang Orchid.
    terima kasih

    Ayah AndRayy said:
    August 22, 2012 at 6:56 am

    yup, krn gak nguasain jurus banyak beladiri yg tereduksi unsur “khas”nya…

    diehazt said:
    January 3, 2013 at 7:22 pm

    like… .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s