Tips belajar silat

Posted on Updated on


Tips bagi yang baru mau belajar silat :

  1. Tetapkan niat, niat ada nya di dalam hati. Hati yang bersih tentu melahirkan niat yang bersih dan tulus;
  2. Tetapkan tujuan, apa tujuan anda belajar silat. Tetapkan dan yakinkan diri sendiri;
  3. Cari refrensi sebayak-banyak nya tentang silat. Pilih salah satu yang paling cocok dengan anda, plilihan lebih dari satu boleh saja;
  4. Setelah terpilih, cari info dan referensi tentang silat tersebut;
  5. Pilih lokasi terdekat, ini berkaitan dengan no 3 di atas. Jarak cukup menentukan kelancaran anda datang ke tempat latihan;
  6. SERIUS DALAM BERLATIH;
  7. SABAR;
  8. PATUH PADA GURU/PELATIH/PENGAJAR;
  9. IKHLAS
  10. JALANKAN SAJA DULU….

30 thoughts on “Tips belajar silat

    azel said:
    March 18, 2012 at 10:39 am

    Saya ingin sekali belajar silat

    Bang Ochid responded:
    March 19, 2012 at 9:30 am

    silakan…

    Udin said:
    March 29, 2012 at 4:34 am

    Bang.. kalo mau milih Beladiri yang cocok buat kita itu, gimana? cara ngetahuinya… apa dari yg kita senang ato dari sudut pandang apa bang? pasalnya kan kadang kita suka semua misalnya, jadi rada susah gimana mo milih yg bener2 cocok sama kita.

    Terima kasih banyak sebelumnya n sesudahnya Bang..

    Bang Ochid responded:
    March 29, 2012 at 4:47 am

    ada beberapa cara :
    1. sesuaikan dgn karakter kita (misal: keras/lembut)
    2. coba2 dulu, silaturahmi dan diskusi
    3. Cari refrensi sebayak-banyak nya tentang silat
    4. kalo suka lebih dari 1, sebaiknya pilih yg paling dkt dgn rumah
    semoga bs membantu
    https://duniasilat.wordpress.com/2012/03/29/pelatihan-maenpo-cikalong/

    Udin said:
    March 30, 2012 at 7:21 am

    Terima kasih banyak Bang,.. sarannya sangat membantu.. tapi ditempat saya agak susah nyari perguruan silat ada sih.. tp tidak banyak, coz biasanya disini orang kalo mau belajar silat biasanya sembunyi2 ga tahu kenapa. jadi rada jarang. kalo jenis Beladiri yg lain sih agak lumayan..

    Kalo jenis Beladiri yg lembut itu boleh tahu bang nama2 alirannya.
    Terima kasih banyak sekali lagi.

    oya.. Terima kasih e-book nya. sangat membuka wawasan saya.

    Bang Ochid responded:
    March 30, 2012 at 12:03 pm

    kalo boleh tau tinggal di daerah mana?

    untuk karakter silat keras ato lembut nya, mgk sbg gambaran bisa search di youtube, paling tidak sbg gambaran awal.
    boleh gabung di page fb saya:
    https://www.facebook.com/pages/Waroeng-Silat-Bang-Ochid/152158538165432

    Udin said:
    March 30, 2012 at 7:20 pm

    Saya tinggal di Martapura, Banjarmasin Kalimantan Selatan.. kemaren udah kirim Permintaan pertemanan “Matarantai Kemungkinan” account saya.

    Udin said:
    March 31, 2012 at 3:03 am

    kalo dari hasil Searching di Youtube kalo menurut saya, itu semua kayanya keras semua, baik itu Silat Betawi , atau silat2 lain, kecuali itu Panglipur ya.. atau pemahaman saya tentang Keras dan lembut saja yang salah.. kalo silat Betawi terkesan cepat dan langsung maen pukul, kalo silat Panglpur tampaknya rada jarang mukulnya.. yaa.. terus itu Maenpo keras juga yaa.. kayanya kalo uda pukul memukul udah sama” keras deh, mungkin bedanya.. yg 1 agak tenang yg satunya langsung maen gubrak aja.

    apakah keras dan lembut = agresif dan pasif.
    Terima kasih banyak sebelum & sesudahnya.

    oya.. ini bukannya account Abang FB abang?
    saya maren jg dapat searching
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100002680334306

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    Bang Ochid responded:
    March 31, 2012 at 7:46 am

    itu bukan fb saya…

    keras vs lembut terletak pada eksekusi dan finishing nya

    video panglipur tentu aja indah dan lembut kalau IBING nya

    arfansiregar said:
    April 8, 2012 at 5:48 pm

    Waduh Sayangnya Di Daerah Gw Gk Ada Seni BEladiri Silat…Sayang Banget Dah

    Bang Ochid responded:
    April 8, 2012 at 7:14 pm

    emang di daerah mana? gaya bahasa nya kok gaya bahasa jakarta

    agungsukses said:
    April 10, 2012 at 8:38 pm

    bang Ochid, saya tertarik maenpo.. kalau dari terminal blok M ke tempat latihan, naek apa ya bang?

    Bang Ochid responded:
    April 10, 2012 at 8:54 pm

    bisa naek kopaja 609 turun di perempatan srengseng, nyebrang, trus naek angkot b03 turun di foodhall. dari situ bisa telpon atau langsung ke rumah.
    bisa naek bis arah slipi, turun di lampu merah slipi trus naek mikrolet M11 turun di perempatan srengseng, nyebrang trus naek angkot b03

    alamat ada di https://duniasilat.wordpress.com/2012/03/29/pelatihan-maenpo-cikalong/

    agungsukses said:
    April 11, 2012 at 4:52 pm

    terima ksh bang ochid. Nanti saya coba kesana. Tertarik jg mempelajari dan melestarikan beladiri asli Pajajaran…

    Bang Ochid responded:
    April 11, 2012 at 5:25 pm

    oke, silakan…dengan senang hati
    eits, kalimat terakhir nya salah tuh. ini yg dimaksud maenpo cikalong kan?
    bukan bela diri asli pajajaran loh

    agungsukses said:
    April 11, 2012 at 6:53 pm

    bukan dari pajajaran ya?

    terus bang, saya dengar jg maenpo peupeuhan.. Apa bedanya dgn maenpo cikalong? terus apa ada maenpo2 yg lain?

    Bang Ochid responded:
    April 11, 2012 at 7:08 pm

    bukan, cikalong asli cianjur…
    maenpo peupeuhan adung rais di bandung pimpinan kang rafijen dominan permainan pukulan keras dan cepat
    maenpo cikalong mengutamakan RASA dan kelembutan
    ada maenpo sabandar

    MAENPO itu istilah silat dalam bahasa sunda khusus nya silat2 yg lahir di cianjur
    di cianjur ada maenpo cikalong, maenpo sabandar, maenpo kari cikaret

    agungsukses said:
    April 14, 2012 at 10:54 am

    bang, klo dr halte busway kebon jeruk, deket ga bang? insya allah minggu sore ksna..

    Bang Ochid responded:
    April 14, 2012 at 10:57 am

    halte busway gramedia ya, jalan panjang. iya deket, dari situ naek angkot B03 aja, turun di supermarket FOODHALL, dari situ tinggal jalan kaki aja ke dalem komplek

    arfansiregar said:
    April 21, 2012 at 7:51 pm

    di Daerah Ku Tidak Ada Silat Tapi Karate….Cuman Aku Lebih Memilih BErlatih Beladiri SIlat..Daripada Karate

    Narya said:
    April 21, 2012 at 9:44 pm

    Bang mo nanya dong,kalau Manpo Cikaret temapt latihan di jakarta atau Bogor dimana ya?

    Bang Ochid responded:
    April 23, 2012 at 9:37 pm

    daerah mana?

    Bang Ochid responded:
    April 30, 2012 at 8:08 pm

    setau saya di jakarta dan bogor blm ada. cianjur deket ama bogor

    yudi said:
    June 13, 2012 at 5:50 pm

    Pa,,klo sy mau dftar langsung kedoya,,kira dtengny yg bgus jam brpa?????
    Trus ad ga yg latihanya dket sm domisili sy,,,sy skrng tngal didaerah klpa gading jakut,
    mksih,,,

    Bang Ochid responded:
    June 14, 2012 at 2:01 pm

    @yudi,
    boleh dateng aja sesuaikan dengan waktu yang enak
    bisa kontek dulu via sms/telp di nomor tercantum di 021-99686564

    deket kelapa gading mungkin bisa di sini :
    Silat cingkrig (betawi)
    Kemayoran:
    Jln. Kepu Timur Gg. Mantri 1 Rt.05/09 No.2c Kemayoran-Jakarta Pusat
    Rabu Ba’da Magrib (anak2) & Ba’da Isya (dewasa),, Tlp: (021) 83454600, 92730300

    Rawamangun:
    Jln. Pemuda 2 Rt.09/01 No.23 Jakarta Timur (dekat universitas UNJ & universitas Ibnu Chaldun).
    Rabu pkl 20.00,, Tlp: 085921578960

    Dhien Kriek said:
    July 24, 2012 at 8:32 pm

    mantaapp ..😉

    agung said:
    July 25, 2012 at 10:01 am

    dulu pilihan saya antara maenpo cikalong dan merpati putih. maenpo cikalong: efektif dan efisien; apalagi kalau lihat video “usik” cikalong, mewah sekali. Sedangkan tertarik Merpati Putih karena beladiri ini dipakai oleh Kopassus, saya pikir pasti ampuh juga.🙂
    Sekarang sudah mencicipi maenpo cikalong sedikit, makin cinta aja.. ^^

    Madani said:
    December 3, 2012 at 4:59 am

    Bang alamat silat dimartapura dimana ya

    Bang Ochid responded:
    December 4, 2012 at 5:27 pm
    Dani Hermawan said:
    September 26, 2015 at 8:13 am

    bang saya di kompl bea cukai kelapa gading, dimana tempat latihan silat paling dekat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s