PERGURUAN SILAT MACAN BELANG JITU

Posted on Updated on


Sejarah dan perkembangan Permaenan Silat Ki Atu

Permaenan silat Ki Atu berasal dari daerah Cawang Kampung Asem (dahulu Cawang dan Kampung Asem masih jadi satu). Berdasarkan tutur sejarah silat ini berasal dari seorang pendekar wanita yang bernama Ne’ Reme, yang kemudian diturunkan kepada satu-satu nya murid beliau yaitu Ki Atu atau yang biasa juga dipanggil Ence Tua Atu.

Ki Atu adalah seorang musafir yang singgah dan kemudian menetap di Kampung Asem. Karena Ki Atu yang kemudian memperkenalkan silat dari Ne’ Reme, maka silat ini kemudian menjadi terkenal sebagai Maenan Ki Atu (Silat Ki Atu).

Silat Ki Atu menjadi makin terkenal setelah para sesepuh silat ini turut mengembangkan nya di sekitar Cawang Kampung Asem hingga ke Cililitan, Tanah Manisan, Kebon Nanas, Cawang Kavling, dll nya.

Sesepuh silat Ki atu di Tanah Manisan-Kebon Nanas yaitu Mandor Jeli (Kong Jeli) mempunyai murid Ustadz Asmuni (Bang Muni) mengembangkan silat ini di Cawang Kavling, Kebon Nanas dan Tanah Manisan.

Di daerah Halim sesepuh silat ini adalah Ki Kontong yang menurunkan ilmu nya kepada :

  1. Mandor Jaman dan Mandor Balok > Halim Gang Jengki
  2. Bang Sanip dan Mandor Salam > Cawang Bendungan dan Cililitan . Nama Ki Kontong kemudian diabadikan menjadi nama jalan di Cawang-Cililitan (gang Mesjid Bendungan) oleh kedua murid nya tersebut.

Salah satu murid Ki Atu yang terkenal adalah Ustad Nasan (ustad Koncen) dari Kampung Asem dan Cawang. Salah satu murid ust Nasan adalah Bang Ali yang saat ini menjadi sesepuh dan Guru besar Perguruan Macan Belang Jitu.

Perguruan ini mengajarkan silat dari dua aliran yaitu Maenan Ki Jerimin dan Ki Atu, oleh karena itu disingkat menjadi JITU. Beberapa jurus nya antara lain :

  1. Ki Atu : Seliwa
  2. Ki Jerimin : Sekilap
  3. Bandul atau letter S
  4. Rompes

(sumber : tulisan  tangan Bang Yadi (guru senior) untuk  penulis, 15 Desember 2011. ejaan dan bahasa disesuaikan)

30 thoughts on “PERGURUAN SILAT MACAN BELANG JITU

    […] ref: rasyid-aj.com […]

    reza said:
    March 30, 2011 at 3:42 am

    bang aye mau ikut latian dmn ye…

    waroeng silat responded:
    March 31, 2011 at 8:37 pm

    di cawang, alamat silakan kontak bang ali 08812151278

    ombatify said:
    February 23, 2012 at 1:02 am

    Mohon di luruskan kembali cerita sejarah dari JURUS KI ATU,,karena banyak kesalahan dan perbedaan dari sejarah sebenarnya yg kami ketahui langsung dari guru besar kami yg beliau tsb adlh salah satu MURID KI ATU langsung yaitu Alm.KONG JELI bin FATOL.
    Terimakasih!

    Bang Ochid responded:
    February 23, 2012 at 6:44 pm

    silakan dikoreksi bagian2 mana yg kurang tepat, tulisan ini sy dpt dari salah seorang guru ps macan belang jitu. ma ksh

    0mbatify said:
    February 24, 2012 at 12:11 pm

    Ane koreksi bahwa guru Ki Atu bukan Ne Reme’,,dan H.Nasan(H.Koncen ) Bukan ‘Murid langsung’ dari Ki Atu..
    Trimakasih..

    0mbatify said:
    February 24, 2012 at 12:55 pm

    Maaf..ane koreksi lg tulisan di atas, bahwa Guru Ki Atu BUKAN Ne’Reme,
    tp ttg H.Nasan, ane tarik kembali pernyataan itu dan ane mohon Maaf
    Ane ga berani berkomentar diluar selain dari ttg Ki Atu..Makasih

    Bang Ochid responded:
    February 27, 2012 at 8:52 am

    ma kasih, bang…
    mungkin bisa sekalian ditambahin info nya ttg sejarah ki atu, termasuk guru ki atu…
    ma ksh bnyk info nya, bermanfaat buat semua pembaca

    0mbatify said:
    February 27, 2012 at 6:35 pm

    yang Pasti 75% dr cerita sejarah tsb tidak benar,,,
    bahwa GURU Ki ATU BUKAN NI REME,,,
    Dan Ki ATU TDK TINGGAL DIKAMPUNG ASEM,,
    Tolong diperbaiki kembali tulisan tsb,,
    Atas perhatian Bang Ochid saya ucapkan terima kasih yg sebesar2nya.

    0mbatify said:
    March 1, 2012 at 3:56 am

    Pak tolong di luruskan dong riwayat ki atu kalo ga tau jngn asal cerita krn masih banyak orang yang paham tentang riwayat ki atu yg sebenarnya..

    Bang Ochid responded:
    March 2, 2012 at 2:37 pm

    bang 0mbatify :
    1. (sumber : tulisan tangan Bang Yadi (guru senior) untuk penulis, 15 Desember 2011. ejaan dan bahasa disesuaikan)
    2. ini bukan versi karangan saya
    3. saya ga ada hubungan dgn silat ki atu
    4. justru tujuan sy dgn artikel ini utk memperkenalkan silat ki atu
    5. kalau menurut ente ada yg kurang pas silakan koreksi, krn ini media umum jd kita sama2 belajar
    6. nah, kalau benar bnyk yg paham, silakan ditulis riwayat yg menurut ente PALING BENER
    7. ga ada satu kalimat pun di artikel ini yg menyatakan paling benar
    8. ga perlu emosi menanggapi perbedaan riwayat silat, ayo belajar dewasa.. TULIS VERSI YB BENER TTG RIWAYAT KI ATU biar semua yg baca jd tau..

    ma ksh

    Bang Ochid responded:
    March 2, 2012 at 3:06 pm

    0mbatify
    0mb4t82@gmail.com
    180.243.8.185
    Submitted on 2012/02/27 at 6:35 pm

    “yang Pasti 75% dr cerita sejarah tsb tidak benar,,,
    bahwa GURU Ki ATU BUKAN NI REME,,,
    Dan Ki ATU TDK TINGGAL DIKAMPUNG ASEM,,
    Tolong diperbaiki kembali tulisan tsb,,
    Atas perhatian Bang Ochid saya ucapkan terima kasih yg sebesar2nya.”

    komen di atas berlaku sbg klarifikasi,
    sayang ga ada info lain yg lbh menjelaskan sejarah ki atu

    0mbatify said:
    March 4, 2012 at 3:53 am

    Ane akan meluruskan sejarah KI ATU langsung dgn sumber penulis yg ada dicondet,
    terimakasih atas tanggapan dan infonya,,,

    Bang Ochid responded:
    March 5, 2012 at 4:33 pm

    siip…
    ma kasih…

    Danu said:
    June 29, 2012 at 3:51 pm

    yang bener ini …. ki Atu ga punya anak,…. bukan orang betawi….yg di amanatin nerusin kakek saya Haji Ustadz Nasan ( kong Koncin) ga ada guru senior ….kita semua muridnya…ki Atu ga pernah di gabung dengan permainan lain…dan yg punya gelar macan belang itu Kong Koncin…kalo mau tau tanya dong ke gurunya…sampai sekarang yg ngurut masih dia besok Selasa tanggal 10 Juli 2012 kalo mau liat dateng kerumah….Cawang III Gg. Permata , ba’da Isya…..

    Danu said:
    June 29, 2012 at 4:12 pm

    satu lagi, murid Ustadz Nasan banyak, masing masing punya kelebihan juga ke kurangan tapi semua saudara, jadi ga usah di telusuri riwayat Ki Atu, atau ngeributin yg mana yg lebih bener, OK

    Bang Ochid responded:
    June 29, 2012 at 6:29 pm

    @ danu
    ma kasih info nya

    Bang Ochid responded:
    June 29, 2012 at 6:35 pm

    @danu
    ane di sini cuma seorang pecinta silat yg mau memperkenalkan silat2 tradisional ke masyarakat, kagak lebih.
    soal perbedaan versi dalam satu aliran silat bukan cuma di silat macan belang jitu aja, di aliran2 lain juga ada kok
    jadi kita di sini belajar bersikap DEWASA aja,
    dicari titik temu dan kesamaannya aja, jangan memperuncing perbedaan.

    kafka dio kholid said:
    November 5, 2012 at 4:33 pm

    bang dimana tempat latihan silat nya

    Bang Ochid responded:
    November 6, 2012 at 8:26 am

    alamat jelasnya kurang tau pasti juga, di jalan dewi sartika cawang jakarta timur
    bisa coba kontak temen saya di fesbuk
    Gusman : https://www.facebook.com/GJNawi?ref=ts&fref=ts
    Dendi : https://www.facebook.com/dendy.frea?fref=ts

    kafka dio kholid said:
    November 10, 2012 at 10:13 pm

    oh cawang di jalan mana?

    Joni Brembo said:
    May 8, 2013 at 2:59 pm

    kalo di cawang bendungan ama kong ali kaga ketemu,di condet juga boleh dengan bang yadi gambus……dari AYAMA tanya deh rumah bang yadi dimana

    Joni Brembo said:
    May 8, 2013 at 3:07 pm

    yang penting cuma 1….warisan dari kakek nenek kita jangan sampe putus,dipanjangin kalo perlu disambung,kalo ribut asal usul sih puyeng sendiri…kalo masih kurang ya tinggal minta tambah nah kalo udah cukup jangan sampe muntah……
    semua perguruan BAGUS guru nya juga tinggal kita anak murid nya yang nyikapinya kaya apa.ane rasa kong jeli ama kong haji nasan sama2 kenal….and mungkin juga sering silaturahmi…..ok….tabe ah

    nofri said:
    February 23, 2014 at 11:06 am

    salamualaikum. .
    ane mo minta tolong sma abang” semua.
    kbetulan ane mo ngadain penelitian tentang silat dr betawi.
    mungkin ada abang” yg brsedia bantu.
    kontak ane di no 08965287078

    Bang Ochid responded:
    March 27, 2014 at 10:00 am

    teman2 yang bisa membantu silakan komen
    trima kasih

    anonym said:
    December 22, 2014 at 2:15 pm

    iya yah.. setau ane nenek nirkam mengajarkan ki atu di halaman belakang/dapur secara diam-diam,.. sementara suaminya.(lupa kong siapa namanya) mengajarkan 3 orang murid baru di halaman depan..
    yang ane tau guru yang ada Hj khoir, Bang Jaka, Bang Misbah , semua tinggal sekitaran cawang kavling, tanah manisan.. sama cipinang kebon nanas.

    Bang Ochid responded:
    January 20, 2015 at 5:55 pm

    trimas infonya, Bang…

    herry saputra said:
    February 1, 2015 at 12:59 am

    saya mau ikut belajar silatnya donk bang. Apakah masih aktiv perguruanya?

    Bang Ochid responded:
    December 13, 2015 at 8:46 am

    terima kasih

    Bang Ochid responded:
    December 13, 2015 at 8:54 am

    ada yang bisa bantu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s