BELAJAR SILAT SECARA INSTAN (seri belajar silat I)

Posted on Updated on


Ini jaman serba instan, serba pengen cepet dan main cepet, barangkali menuruti pameo SIAPA CEPAT DIA DAPAT. Padahal cepat yang tidak terlatih kebanyakan malah mudarat, karena kita jadi selalu terburu-buru, tergesa-gesa.

Karena ini jaman serba instan seperti mi instan, pengen serba cepat, mau langsung jadi, maka trend yang berkembang dalam silatadalah “orang belajar silat pun mau nya instan”.Belajar silat sistim instan, sebulan, dua bulan, tiga bulan ingin langsung bisa. Entah bisa bersilat, entah bisa bak-bik-buk di jalanan atau sekedar bisa “bergaya silat” saja.

Apakah bisa belajar silat sistim instan? Kalau saya yang ditanya, tanpa ragu saya akan jawab tegas TIDAK, walau pun ini masuk kategori jawaban instan. Kenapa tidak bisa?

Silat, pencak silat, maenpo, maen pukulan, silek, dan segala keanekaan sebutannya adalah lebih dari sekedar “alat bela diri”. Silat adalah sebuah sistem. Sebuah sistem selalu terdiri dari lebih dari satu unsur, tidak berdiri sendiri dan saling berkaitan satu sama lain.

Kecenderungan yang berkembang saat ini, dimana belajar silat dipadatkan sedemikian rupa, sehingga tampak seolah-olah bisa dilakukan secara instan adalah hanya sebuah teknik marketing. Dengan bungkus yang menarik dan tujuan mulia : memperkenalkan pencak silat ke khalayak umum (terkesan silat adalah barang yang sangat asing di tanah air nya sendiri). Apakah itu salah? bisa salah bisa tidak. Menjadi salah apabila dalam pelatihan instan, para guru tidak mampu menjabarkan silat sebagai sebuah sistem.

Sebagai sebuah sistem, paling tidak silat terdiri dari unsur-unsur

  1. Seni/olah raga
  2. Bela diri
  3. Sosial
  4. Filosofi
  5. Kaedah
  6. Spiritual

Belajar silat secara instan hanya akan memperoleh unsur kedua dari (minimal) 6 unsur di atas, dan saya jamin tidak akan bisa mengerti dan menguasai silat secara komprehensif. Efek ke depannya adalah 10-100 tahun lagi penguasaan silat secara menyeluruh hanya akan ada di literatur tanpa ada praktisi yang mampu menjabarkan nya secara nyata.

Apakah tidak boleh? Boleh dan sah-sah saja. Tapi saya harap bagi yang instan ini tidak menyebut diri nya belajar SILAT, cukup lah BELAJAR BELA DIRI. Karena bela diri itu tidak harus silat, belajar bela diri adalah belajar bagaimana cara menyerang, bertahan, dan menghindari serangan.Itu sudah merupakan bakan alami mahluk hidup dan ada di sistim bela diri negara manapun. Jadi cukup lah belajar memukul, menangkis, menendang, menghindar, bahkan belajar cara melarikan diri, itulah bela diri.

Bagi yang sungguh-sungguh ingin belajar silat, maka mulai lah dengan berniat untuk mempelajari sistem kehidupan secara total.Bersiaplah untuk belajar seumur hidup, karena dalam konsep saya belajar silat adalah belajar mengenai kehidupan, belajar mengenal diri sendiri, belajar besosialisasi, dan belajar untuk menerima kenyataan bahwa kita hanyalaha mahluk yang lemah. Bahkan menghadapi seekor nyamuk pun kita masih membutuhkan bantuan obat nyamuk.

Mulai lah belajar silat dengan belajar memahami fungsi-fungsi anggota tubuh. Pahamilah bahwa kaki diciptakan Tuhan dengan kodrat nya, terletak dibagian bawah tubuh, lebih kokoh dan kuat dari sepasang lengan, karena tugas nya sangat berat : menyangga tubuh dan anggota tubuh. Kaki untuk melangkah dan menuntun ke mana tubuh akan bergerak.

Pahamilah bahwa kedua tangan berada dibagian paling atas tubuh (kepala tidak termasuk anggota tubuh). Posisi nya yang di atas menempatkan nya sebagai anggota tubuh yang dapat bergerak bebas dan lincah. Fungsi utama lengan/tangan adalah untuk memegang, thus kodrat nya adalah untuk menolong dan saling tolong.

Badan adalah anggota utama tubuh kita, didalam nya terdapat fungsi-fungsi utama kehidupan. Jadi mati nya badan berarti mati nya tangan dan kaki, hidup nya badan berarti hidup nya tangan dan kaki. Jagalah badan kita agar tetap hidup.

Dalam silat, tiga unsur utama ini (badan, tangan dan kaki) adalah suatu sistem, suatu kesatuan. Niat dan tujuan berasal dari hati yang berada dalam badan. Tujuan yang diniatkan akan tercapai apabila tangan dan kaki berkerja sama secara harmonis dengan variasi gerakan yang bermacam-macam. Begitulah dalam kehidupan kita di masyarakat, saling terkait, saling menolong dan bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Bersambung…

22 thoughts on “BELAJAR SILAT SECARA INSTAN (seri belajar silat I)

    Ayah AndRayy said:
    August 22, 2012 at 6:33 am

    nice artikel, kl saya telaah penjelasan diatas masuk kedalam unsur filosofi silat, dan saya (secara instant) sangat setuju dengan penjelasan tersebut. cum kasian yg tua seperti saya ini, sdh sangat terlambat buat belajar silat — biarlah saya jd penikmat video you tube dan pembaca forum saja deh…. salam kenal bang ochid…

    Bang Ochid responded:
    August 23, 2012 at 2:37 am

    terima kasih Ayah AndRayy atas apresiasi nya🙂
    kalo menurut saya sih ga ada istilah terlambat, pak
    karena dalam silat kan ga melulu bicara soal bak-bik-buk, hehehe…
    banyak hal yang bisa kita dapat dari silat ini, ya salah satu nya, saya bisa dapat kenalan dengan bapak.

    Salam kenal kembali

    silvia hilda said:
    September 28, 2012 at 9:09 pm

    anakku mau ajarin silat dia namanya tamara callysta dia perempuan,dia mau jadi jagoan silat.

    tamara callysta said:
    September 28, 2012 at 9:13 pm

    saya tamara yg di kata ibu silvia hilda ajarin dong…

    Bang Ochid responded:
    September 29, 2012 at 9:09 am

    bagus sekali….

    Bang Ochid responded:
    September 29, 2012 at 9:11 am

    bagus sekali mau belajar silat..
    sekarang umur berapa?
    lebih baik belajar silat yang dekat dengan rumah tamara

    el hast said:
    November 2, 2012 at 2:21 pm

    yups….setuju bngt memang sgla sesuatu bla dilakukan scra instan pasti hasilnya g optimal…

    Muhamad Ridwan said:
    January 10, 2013 at 4:29 pm

    maaf sebelumnya
    bang emang tingal di mana?.. ..boleh saya berguru tenaga dalam dan belajar SILAT
    abang asli orang mana?..maaf saya banyak tanya..niat awal saya belajar silat ..untuk jaga diri saya sendiri dan untuk menolong orang….setau saya belajar tenaga dalam kalo di gabungkan dengan silat ..hasilnya bener-bener maksimal .

    Muhamad Ridwan said:
    January 10, 2013 at 4:34 pm

    saya bener” dan sungguh ingin menguasai ilmu silat bela diri in i bang ..
    maaf boleh minta nomor hpnya bang?..ini nop hp sya 021-94480357
    nomor hp bang ochid bisa langsung sms saya aja bang.

    Bang Ochid responded:
    January 14, 2013 at 9:09 am

    saya ga bisa dan ga belajar tenaga dalam.
    kalau mau belajar tenaga dalam ada perguruan yg mempelajari tenaga dalam misal nya merpati putih

    al-imron said:
    February 26, 2013 at 2:07 pm

    bang q pernah belajar beberapa aliran beladiri termasuk silat apa gak berpengaruh buruk wat badanku?????

    al-imron said:
    February 26, 2013 at 2:12 pm

    ohya bang aku kan asli jawa,untuk adat didaerah saya pemuda itu harus bisa tenaga dalm,saya pernah mengikuti latihan tenga dalam jawa(kejawen),juga arab seperti asmaul husna dan hijib,. apa ada efek buruknya juga wat badanku???

    Bang Ochid responded:
    February 26, 2013 at 5:39 pm

    pengaruhnya ada, yaa.. jadi makin sakti lah🙂

    Bang Ochid responded:
    February 26, 2013 at 5:40 pm

    nah, sekarang coba dianalisa sendiri merasa ada pengaruh buruk ga ke badan sampeyan.
    saya kurang paham soal tenaga dalam soalnya ga pernah belajar tenaga dalam

    APIN said:
    July 23, 2013 at 9:37 pm

    BAGUS

    roby muadfa said:
    January 18, 2015 at 10:57 pm

    Bang ane mo tanya cara belajar silatnya gimana ya..?soalnya saya coba coba terus kaki saya gak bisa lentur..!!! Lentur dikit sih…😀😊😊😊 tapi lama lama gak semanagat 😢😢 gimana cara nya agar selalu semangat dan berhasil…sorry….ane banyak tanya..hehehe
    😄😄😄😄

    Bang Ochid responded:
    January 20, 2015 at 5:54 pm

    tanya sams gurunya dong,
    saya kan gak tau situ belajar silat apaan, cara belajarna gimana, dan gimana cara gurunya ngajar…

    Bang Ochid responded:
    January 20, 2015 at 6:15 pm

    bela diri apa?

    realmadrid7 said:
    August 27, 2015 at 2:30 pm

    sampean rumahnya dimana bang

    purnawarman said:
    November 6, 2015 at 4:12 pm

    bang,, saya inginn sekalii belajarr silatt,,
    untukk bela diri dan menolong orang,,
    apakah ada website untuk belajar silatt ,
    dari awall sampai akhirr, ..

    Bang Ochid responded:
    December 13, 2015 at 8:10 am

    mau belajar silat kok lewat website…. belajar silat harus langsung ke guru silat ybs, jangan lewat web

    Bang Ochid responded:
    December 13, 2015 at 8:18 am

    Kenapa? mau kirim kartu lebaran?

Leave a Reply

