Bhineka Tunggal Ika

Posted on


Keanekaragaman dalam pencak silat adalah suatu keniscayaan, heterogenitas ini adalah suatu bukti betapa kaya nya kita dengan warisan yang bernilai tinggi ini. Lantas, bagaimana kita menyikapi hal ini?

Adalah suatu hal yang wajar bila kita sangat bangga dengan apa yang kita miliki, demikian pun dengan pencak silat yang kita tekuni. Dalam takaran tertentu kebanggaan ini bernilai positif, sense of belonging membuat kita bangga, pride yang tinggi, dan keyakinan yang besar terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam nya.

Tetapi dalam konteks pencak silat, kebanggaan yang tidak terkendali akan menumbuhkan fanatisme yang berlebihan. Oleh karena itulah tidak jarang kita dengar terjadi pertikaian dan perkelahian massal antar aliran dan perguruan silat yang berbeda.

Keanekaragaman dalam pencak silat harus kita sikapi secara dewasa. Bahwa hal ini adalah anugrah yang patut kita syukuri dan jaga serta lestarikan. Di samping segala perbedaan yang ada, masih banyak kesamaan yang perlu kita tonjolkan. Ini adalah alat pemersatu yang dapat mencegah kita dari perpecahan, antara lain :

  1. Kesamaan filosofi, yaitu silat untuk silaturahmi;
  2. Kesamaan karakter, yaitu unsur belad diri adalah pilihan terakhir;
  3. Unsur seni yang unik;
  4. Secara general pencak silat dari Jawa Barat dan Minang sangat mempengaruhi berbagai aliran silat yang ada di Indonesia.

Nah kesamaan ini lah yang mestinya kita tonjolkan, bukan perbedaan yang hanya memicu pertikaian dan perpecahan di antara kita..

mari kita jalin persatuan dan pererat tali silaturahmi melalui pencak silat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s